Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Baru Tahu? Ini Manfaat Minyak Goreng untuk Kesehatan

Tidak semua minyak goreng memiliki kandungan lemak jahat yang berisiko buruk bagi kesehatan. Berdasarkan kondisi tersebut, Anda perlu jeli dalam melihat kandungan pada masing-masing jenis minyak. Pakailah minyak yang sehat seperti rekomendasi di bawah ini. 

Minyak Alpukat Membantu Terhindar dari Gejala Arthritis

Sejumlah penelitian menemukan, ekstrak alpukat dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kaku pada tangan. Gejala tersebut banyak terjadi pada Anda yang kemungkinan terkena penyakit Arthritis. 

Minyak Goreng
Berdasarkan kondisi tersebut, minyak alpukat dapat dijadikan rekomendasi untuk membantu memberikan dampak kesehatan, terutama bagi Anda yang memiliki masalah persedian. Minyak alpukat biasanya dapat digunakan secara langsung atau dijadikan minyak goreng karena mampu stabil pada suhu tinggi.

Minyak Kelapa dapat Mencegah Penyakit Osteoporosis

Osteoporosis biasanya banyak terjadi pada kalangan lansia yang berkisar pada usia 40 tahun ke atas. Pencegahan Osteoporosis dapat dilakukan dengan banyak mengosumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi.

Cara yang dapat dilakukan agar dapat memenuhi asupan kalsium tinggi bisa dengan memakai minyak kelapa dalam kegiatan memasak. Minyak kelapa diketahui dapat membantu tubuh lebih efektif untuk menyerap zat-zat penting seperti kalsium, kalium, protein pada tiap makanan yang akan dikonsumsi.

Minyak Kanola dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Minyak goreng yang banyak dikenal sebagai penyumbang lemak jahat pada tubuh ternyata dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Bagi Anda yang terbiasa menggunakan minyak kanola perlu mengetahui bahwa minyak tersebut bersifat rendah kalori dan mengandung sedikit lemak jenuh.

Selain memiliki kandungan kalori dan lemak jenuh rendah, minyak kanola juga tinggi kandungan Omega 3 dan Omega 6. Satu sendok makan minyak kanola hanya mengandung 14 gr total lemak. Minyak Kanola tidak disarankan untuk dimasak dengan kondisi suhu tinggi, karena bisa mengalami oksidasi saat bereaksi dengan oksigen.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan minyak goreng menghasilkan radikal bebas dan memicu terjadinya peradangan. Ada baiknya minyak kanola dijadikan campuran salad sayur, pembuatan kue, dan bahan oles yang tidak perlu menggunakan suhu tinggi.

Minyak Jagung Membantu Jaga Kesehatan Kulit

Bagi Anda yang sedang memiliki masalah kulit, bisa menggunakan minyak jagung yang kaya akan kandungan Vitamin E. Kandungan Vitamin E pada minyak jagung tersebut, dapat membantu mendukung kesehatan kulit. Satu sendok makan minyak jagung mampu penuhi 15% kebutuhan Vitamin E harian.

Minyak jagung memiliki titik didih tinggi, sehingga cocok digunakan utuk menggoreng makanan dengan metode deep fry. Satu sendok makan minyak tersebut mengandung lemak total 14 gr (lemak jenuh 1,8 gr, lemak tak jenuh rantai tunggal 3,8 gr dan lemak tak jenuh rantai ganda sebanyak 7 gr).

Minyak Zaitun dapat Menjaga Kesehatan Jantung serta Pembuluh Darah

Bila Anda ingin kesehatan jantung dan pembuluh darah terjaga, maka gunakanlah minyak zaitun sebagai penganti dari minyak goreng biasa. Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan dan lemak tidak jenuh yang dapat membantu jantung berdetak normal dan pembuluh darah pada tubuh bersifat stabil.

Minyak zaitun tidak cocok digunakan untuk menggoreng makanan metode deep fry, sehingga lebih baik digunakan untuk memanggang, sebagai campuran salad sayur, atau tumisan dengan sedikit minyak.

Sunflower Oil dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Minyak matahari tinggi akan Vitamin E yang dapat melindungi sel dan organ tubuh dari serangan radikal bebas serta meningkatkan kekebalan tubuh. Minyak matahari dapat digunakan pada suhu tinggi hingga 2300 C, oleh sebab iitu dinamakan minyak goreng serbaguna untuk bahan campuran apapun.

Posting Komentar untuk "Baru Tahu? Ini Manfaat Minyak Goreng untuk Kesehatan"