5 Macam Jenis Miningitis Yang Perlu Diwaspadai - Hundbodai.com

Terbaru

Jumat, 10 April 2020

5 Macam Jenis Miningitis Yang Perlu Diwaspadai

Musisi Glenn Fredly mengembuskan napas terakhir pada Rabu (8/4) akibat penyakit meningitis yang dideritanya. Tak hanya disebabkan oleh bakteri dan virus, meningitis juga bisa dipicu oleh beberapa faktor lain. Beragam faktor tersebut membuat meningitis terbagi ke dalam lima jenis umum.

Meningitis merupakan peradangan selaput yang mengelilingi dan melindungi otak serta sumsum tulang belakang. Umumnya, meningitis disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Ada lima jenis meningitis, mulai dari yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, parasit, jamur, hingga yang tidak disebabkan oleh infeksi. Masing-masing diklasifikasikan berdasarkan penyebab penyakit. Gejala untuk setiap jenis meningitis hampir serupa satu sama lain. Tingkat keparahan dan pengobatan umumnya tergantung pada penyebab.

1. Meningitis bakteri

Meningitis bakteri adalah salah satu penyakit yang berpotensi mengancam jiwa. Penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi serius yang bisa berakibat fatal jika tak segera mendapatkan pengobatan. Jenis meningitis ini umumnya berkembang saat bakteri memasuki aliran darah dan berpindah ke otak serta sumsum tulang belakang. Jenis bakteri yang dapat menyebabkan meningitis di antaranya Haemophilus influenzae, Streptococcus pneumoniae, dan Neisseria meningitidis.

Bakteri tersebut dapat menular dari orang ke orang melalui batuk, bersin, dan kontak fisik lain yang memungkinkan perpindahan air liur. Beberapa jenis meningitis bakteri juga bisa disebabkan oleh konsumsi makanan yang terkontaminasi. Gejala meningitis bakteri meliputi sakit kepala, demam, leher kaku, ruam, mual dan muntah, sensitivitas cahaya, dan kebingungan yang muncul 3-7 hari setelah terpapar bakteri.

2. Meningitis virus

Meningitis virus lebih umum daripada yang disebabkan bakteri. Umumnya, meningitis virus tak terlalu berakibat fatal. Sebagian besar kasus meningitis disebabkan oleh Enterovirus. Gejala yang ditimbulkan pun tak jauh berbeda dengan meningitis bakteri.

Umumnya, meningitis virus dapat sembuh tanpa diperlukan pengobatan khusus. Kendati demikian, dalam beberapa kasus, jenis meningitis ini bisa berakibat fatal tergantung jenis virus, usia pasien, dan daya tahan tubuh yang lemah. Eneterovirus yang menyebabkan meningitis dapat menyebar melalui sekresi mata, hidung, mulut, atau cairan lainnya. Mencuci tangan sesering mungkin dapat mencegah Anda dari meningitis jenis ini.

3. Meningitis parasit

Meningitis parasit merupakan salah satu jenis meningitis yang jarang terjadi. Bentuk ini menyebabkan infeksi otak yang dapat berkembang dengan cepat dan berakibat fatal. Gejala meningitis parasit umumnya muncul setelah tujuh hari terinfeksi. Gejala umumnya meliputi kebingungan, kehilangan keseimbangan, kejang, halusinasi, dan kurang peka terhadap lingkungan.

Parasit Naegleria fowleri-penyebab meningitis-banyak ditemukan di air tawar hangat seperti danau, sungai, dan mata air panas. Parasit ini juga kerap ditemukan di air limbah industri, kolam renang yang tidak dirawat, dan pemanas air. Organisme ini akan memasuki tubuh melalui hidung dan bergerak menuju otak di mana ia mulai menghancurkan jaringan otak. Meningitis parasit tak menular antar-manusia.

4. Meningitis jamur

Sama halnya seperti parasit, meningitis jamur juga disebut sebagai jenis meningitis yang langka. Meningitis ini berkembang ketika jamur memasuki aliran darah. Siapa saja berisiko terserang penyakit ini. Namun, orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah berisiko lebih tinggi.

Meningitis jamur umumnya disebabkan oleh spora jamur dari tanah atau kotoran burung dan kelelawar terkontaminasi yang terhirup oleh tubuh. Pengobatan umumnya terdiri dari obat antijamur dosis tinggi yang biasanya diberikan melalui infus. Jenis jamur dan kondisi daya tahan tubuh pasien menentukan lama perawatan.

5. Meningitis non-infeksi

Seperti parasit dan jamur, meningitis non-infeksi tak menular antar-manusia. Meningitis jenis ini umumnya terjadi akibat kondisi medis lainnya seperti kanker, lupus, cedera kepala, operasi otak, atau dari obat-obatan tertentu. Gejala yang ditimbulkan oleh jenis meningitis ini hampir sama dengan yang lainnya, ditambah dengan sedikit perubahan pada kondisi mental.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman