5 Manfaat Kalau Kamu Punya Rasa Bangga akan Pekerjaanmu - Hundbodai.com

Terbaru

Sabtu, 14 November 2020

5 Manfaat Kalau Kamu Punya Rasa Bangga akan Pekerjaanmu

5 Manfaat Kalau Kamu Punya Rasa Bangga akan Pekerjaanmu
Setuju gak, kalau rasa bangga akan pekerjaan biasanya cuma bertahan di awal? Setelah beberapa bulan atau tahun, rasa bangga itu pudar dan malah berubah jadi kesukaan menjelek-jelekkan tempat kita bekerja. Bagus kalau kamu asli gak pernah begini.

Tetapi jika pun pernah melakukannya, ada baiknya kamu mulai belajar untuk mempertahankan bahkan meningkatkan rasa banggamu akan pekerjaanmu. Ini bukan tanpa alasan. Sebab dengan rasa bangga itu, kamu lebih mungkin memetik 5 manfaat berikut ini:

1. Lebih bisa menikmati pekerjaanmu, gak gampang stres

Stres memang ada penyebabnya. Misalnya, banyaknya tugas yang harus diselesaikan dalam waktu singkat. Namun faktor dari luar itu akan lebih bisa kamu toleransi jika kamu punya perasaan positif terhadap pekerjaanmu. Sebaliknya kalau kamu sudah gak menyukainya, bahkan tugas yang biasa-biasa saja juga akan membuatmu amat tertekan.

2. Selalu siap memberikan yang terbaik darimu untuk kemajuan tempat kerja

Bila kamu gak bangga dengan pekerjaanmu, memberikan yang terbaik darimu untuk kemajuan tempat kerja justru terdengar konyol. Kamu akan cepat sekali berpikir itu sama dengan memperbudak diri sendiri. Padahal jika dipikirkan dengan lebih jernih, kemajuan tempat kerjamu sedikit banyak pasti meningkatkan taraf hidupmu.

Sebaliknya kalau tempat kerjamu terus mengalami kemunduran, nasib para pekerja tentu terancam. Sejauh kamu mendapatkan imbalan yang layak dari tempat kerjamu, bisa untuk menghidupi diri sendiri dan keluargamu, bahkan masih bisa menabung untuk masa depan; sudah semestinya kamu merasa bangga dengan pekerjaanmu.

3. Terpacu buat terus mengembangkan diri

Buat apa mengembangkan diri? Pertanyaan ini akan lebih mudah muncul ketika kamu gak bisa melihat sisi hebat dari pekerjaanmu. Kamu merasa mengembangkan diri pun sia-sia jika hasilnya hanya untuk diberikan pada tempat kerjamu yang sekarang. Sementara bila hendak mencari pekerjaan lain, tentu itu bukan keputusan mudah sebab persaingan  dengan pencari kerja lain makin ketat.

Akibatnya, kamu cenderung pasrah dengan kemampuanmu saat ini. Tanpa kamu sadari, kamu sebenarnya hanya sedang menjebak diri sendiri. Sementara bila kamu bangga dengan pekerjaanmu, kamu akan memandang pengembangan diri baik untuk kamu sendiri maupun tempat kerjamu.

Seperti dalam poin 2. Jika kantormu ikut maju akibat pengembangan dirimu, kariermu pasti meningkat. Kalaupun sesuatu yang buruk terjadi dan membuat kariermu tetap gak bisa berkembang atau malah kantormu terancam gulung tikar, kamu sudah punya posisi tawar yang lebih tinggi saat hendak mencari pekerjaan lain.

4. Bisa menghargai apa pun yang kamu dapatkan dari tempat kerjamu

Faktanya, tempat kerjamu belum tentu akan selalu bisa memberimu imbalan atau apresiasi seperti yang seharusnya. Salah satunya, jika sedang terjadi kelesuan ekonomi seperti sekarang akibat pandemi COVID-19. Tentu ini kondisi yang gak enak untuk semua orang.

Namun kalau sejak awal kamu punya rasa bangga atas pekerjaanmu, akan lebih mudah untukmu memahami situasinya dan mencoba bertahan bersama yang lain. Sebaliknya bila sejak awal rasa bangga itu gak ada, sebaik apa pun apresiasi kantor atas kinerjamu akan selalu terasa gak layak buatmu. Akibatnya, kamu uring-uringan terus dan lama-kelamaan gak fokus dengan tugas-tugasmu.

5. Lebih kecil kemungkinan merasa diremehkan oleh orang lain

Meski kamu bangga akan pekerjaanmu, tentu saja akan tetap ada orang yang suka meremehkanmu. Namun kamu gak akan memusingkannya karena yang lebih penting adalah persepsimu atas pekerjaanmu. Lain jika kamu suka menunjukkan ketidaksukaanmu atas pekerjaanmu.

Orang-orang jadi makin punya alasan untuk memandang rendah kamu. Jadi kalau kamu ingin orang lain lebih menghormatimu, kamu bisa memulainya dengan gak menjelek-jelekkan profesimu sendiri. Pekerjaanmu bukan semata-mata tuntutan hidup kok. Itu juga keputusan sadarmu bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman